• Daftar Isi
  • Privacy
  • Disclaimer
  • FAQ

GLOSARIUM 48 FAMILY - JKT48Files

Written By Dante Yukihiro on May 06, 2013 | Monday, May 06, 2013



GRUP
AKB48:
Grup pertama dari franchise 48. Terbentuk 2005, AKB berlokasi di AKihaBara, tempat teater mereka berada di Gedung Don Quixote Distrik Akihabara(bagian dari Tokyo)
Akihabara48:
Beberapa bulan setelah AKB48 debut, mereka disebut Akihabara48. Pintu masuk ke Teater AKB48 masih memakai nama lama.
SKE48:
Sister Grup pertama mereka, berbasis di SaKaE, Nagoya. Mereka dibentuk tahun 2008 dan teater mereka berada di gedung Sunshine Sakae
SDN48:
Lebih ke "Versi Dewasa" dari AKB48, SDN48 dari SaturDayNight48. Semua member SDN48  berusia di atas 20 tahun, dan tidak harus mengikuti aturan idol yang biasanya (mabuk-mabukan,ngerokok, dll). SDN48 berbagi teater dengan AKB48
SDN48 akan dibubarkan bulan Maret 2012. Tanggal 23 Maret 2012 di Saitama Super Arena adalah penampilan terakhir mereka.
NMB48:
Sister grup kedua, dan pertama di daerah Kansai, berbasis di NaMBa, Osaka. Debut di tahun 2010,saat itu hanya ada tim N,namun sekarang tim M terbentuk.
HKT48:
Yang ketiga dan tambahan terbaru di 48 family, debut tahun 2011. HKT singkatan dari  HaKaTa, di prefektur Fukuoka. Belum ada tim yang terbentuk.
JKT48:
Sister group pertama di luar Jepang. JKT48 berbasis di JaKarTa, Indonesia.
TPE48:
Sister Grup OOO48 di luar Jepang lainnyadalam proses, kami tidak mendengar kabar apapun sejak Oktober 2011. TPE adalah TaiPEi, di Taiwan
OJS48:
Singkatan dari OJiiSan48,(dalam bahasa Jepang Ojiisan: Paman)mereka adalah 16 pensiunan polisi. Mereka mengeluarkan single pertama "Shinkokyuu" yang tidak banyak terjual, dan sekarang bekerja sebagai Satuan Pengamanan di Event AKB48.
Nogizaka46:
Ofisial "rival group", di bentuk juga oleh Akimoto Yasushi.
PERUSAHAAN
AKS:
Perusahaan yang menaungi AKB48, SKE48, SDN48, dan HKT48. AKS juga talent agency untuk member AKB48 sampai agency luar merekrut mereka
Tersebar rumor bahwa 'AKS' adalah singkatan dari 3 Pria Paling Penting DI DUNIA: 'Akimoto Yasushi', 'Kubota Yasushi', 'Shiba Kotaro'.
Pythagoras Promotion:
Adalah operating company dari SKE48,hingga November 2011,ketika merger dengan AKS dan staf pindah. Pythagoras Promotion juga talent agency dari gadis SKE48 sampai merger. 'Pythagoras Promotion' disingkat 'PYP'
Yoshimoto Kyogyo:
Operating company NMB48. Yoshimoto adalah perusahaan komedi terbesar di Jepang
Dentsu:
Perusahaan yang menangani promosi AKB48. Dentsu adalah salah satu perusahaan promosi terbesar di dunia
ORANG-ORANG
Akimoto Yasushi (秋元康):
Pembentuk dan Produser (serta bos besar) dari grup 48. mempunyai nickname Aki-P (huruf 'P' singkatan dari  'Produser').
Kubota Yasushi (窪田康志):
Bos AKS. Ngomong-ngomong,bukan apa-apanya Aki-P
Shiba Kotaro (芝幸太郎):
Bos dari office48. '48' di 'AKB48' berasal darinya juga (Shiba = 48).
Togasaki Tomonobu (戸賀崎智信):
Manager Teater AKB48. Juga diketahui sebagai TGSK. Dia yang menulis di AKB48 Official Blog, dan membuat pengumuman di akhir konser.
Nishiyama Kyoko (西山恭子):
Lebih dikenal sebagai Saruobasan (サルオバサン), dia adalah Pimpinan Humas di AKB Theater, and also the AKB and SDN members well-being.
Chino Shinobu (茅野しのぶ):
Stylist AKB48, Bagian Kostum
Gunji Yoshitaka (郡司善孝):
Kepala Staff Teater
Ishitani Yasuhiko (石谷靖彦):
Kepala dari Pusat Tiket AKB
Yuasa Hiroshi (湯浅洋): 
Manajer Teater SKE48
Kaneko Takeshi (金子剛):
Manajer Teater NMB48
Wota:
Equivalent of the word otaku, wota are the fans of Japanese idol groups.
LOKASI
Don Quixote (Akihabara):
Don Quixote adalah lokasi dari teater AKB48 yang terletak di Akihabara, Tokyo. Don Quixote sebenarnya adalah pusat perbelanjaan diskon di Jepang. tempat ini lebih sering disebut Donki. Teater AKB terletak di lantai 8.
.
G-Rosso:
sebuah teater yang ada di Tokyo yang pernah digunakan AKB48 pada tahun 2008-2009 untuk stage Himawari-gumi dan juga untuk pertunjukan teater.
pernah ada isu tentang penggunaan G-Rosso sebagai stage lagi, akan tetapi sampai 2011 tidak ada pengumuman lebih lanjut.
Sunshine Sakae:
teater SKE48 yang ada di SaKaE, Nagoya. Di bangunan ini juga dapat di temukan kincir ria raksasa dengan roda pemutar di sisi luarnya. Teater SKE48 terletak di lantai 2
Yes Namba:
Teater NMB48, teater NMB48 terletak di bawah tanah.
Hawks Town Mall:
Tempat teater HKT48. HKT adalah singkatan dari distrik HaKaTa yang ada di Prefektur Fukuoka, tetapi teater HKT sebenarnya ada di district Chuo. Teater terletak di lantai 2.
GROUPING
Senbatsu:
Senbatsu berarti "pemilihan", member senbatsu adalah member yang dipilih oleh Akimoto Yasushi untuk mempromosikan single. Senbatsu mendapatkan jatah di side A sebuah single. Senbatsu biasanya terdiri dari 16 orang.
Media Senbatsu:
12 besar member Senbatsu, yang mendapatkan "hak tambahan" seperti perform di acara2 musik, tampil di majalah, dan media2 lainnya.
Undergirls:
member yang tidak terpilih untuk senbatsu. Undergirls mendapat jatah di Side B sebuah Single dan PV tersendiri, musik2 Undergirls jarang sekali diputar di media. grup ini tidak terbatas pada pemilihan senbatsu.
Theater Girls:
grup tambahan yang tidak ikut serta dalam single AKB48 ataupun sister grup lainnya, Grup ini sendiri sudah tidak di jalankan kembali.
Frontgirls:
Bukan sebuah grup yang tetap, tetapi grup ini terdiri dari 18 member yang biasa terpilih sebagai member senbatsu, grup ini disebut frontgrils karena mereka selalu ada di barisan paling depan.
Kami7:
Sebutan untuk 7 member teratas dalam AKB48. member2 ini adalah member yang sering sekali di pilih sebagai senbatsu. urutan Kami7 berdasarkan rangking.
Maeda Atsuko, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Watanabe Mayu, Kojima Haruna, Takahashi Minami and Itano Tomomi.
Kami8 / (new) Kami7:
didalam pemilihan senbatsu ketiga pada tahun 2011, Itano Tomomi (rangking 8) mengalahkan Kashiwagi Yuki (rangking 3). Banyak fans yang menyebutkan kami7, dimana kami8 adalah kami 7 + Kashiwagi
beberapa fans malah tidak memasukan Itano Tomomi dalam Kami7.
atau tetap menganggap anggota Kami7 tidak pernah berubah.
kembali pada diri kalian sendiri mana yang ingin di gunakan.
Team PB / Team YJ, YJ7 / YM7:
unit yang berkolaborasi antara AKB48 dengan majalah Gravure (semi) seperti PlayBoy (PB) / YoungJump(YJ)/Young Magazine (YM) yang beranggotakan 7 member di setiap majalah.
ditahun 2010, terjadi persaingan antara team PB and Team YJ, dan ditahun 2011. sekarang mendapat julukan YJ7 bs YM7.
Selection 8:
Versi Kami7 dari SKE48 dan sebuah grup yang tetap.
NMB Seven:
Sama seperti Selection8
Akagumi / Shirogumi:
berarti 'Red Team' and 'White Team', biarsanya beranggotakan Undergirls dari SKE48 dan NMB48. nama ini mungkin terinspirasi dari Kouhaku Uta gassen
TEATER
Teams:
Setiap member AKB48, dan setiap sister group mereka, dibagi ke 3 tim,setiap tim 16 member. Alasan lain mengapa 'AKB48' ada angka '48' adalah karena 3 tim dari 16 menjadi 48. The letters assigned to the Teams are from the 3 letters that make up the group name (AKB48: Team A, Team K, Team B).
Team 4 / Team 8:
Karena tidak ada member AKB48 yang lulus dalam waktu yang sangat lama, jumlah dari Kenkyuusei kerap bertambah dan bertambah setelah audisi. Jadi pada Juli 2011,sebuah Tim baru terbentuk, disebut 'Team 4', untuk para Kenkyuusei . Per Desember 2011,hanya AKB48 mempunyai Team 4, dan Team 8 belum terbentuk.
Kenkyuusei:
Secara Offisial berarti Research Students, Kenkyuusei adalah tim pendukung yang perannya menggantikan member dari tim utama jika ia tidak bisa tampil hari itu. Tambahannya, ketika seorang member dari grup utama lulus,seorang Kenkyuusei dipromosikan untuk menggantikannya.
Under:
Substitutes for a member if she is unable to perform during a stage. Usually by Kenkyuuseis but sometimes a main member is a full AKB member.
Usage: Izuta Rina is Maeda Atsuko's under
Bara-gumi / Yuri-gumi:
Back in 2006, Akimoto Yasushi had the idea of shuffling around the members of Team A and Team K, and naming the new teams 'Bara-gumi' (Rose Class) and 'Yuri-gumi' (Lily Class). That plan was dropped because of heavy opposition from the fans.
Then in 2011 for AKB48's [Kaze wa Fuiteiru] single, Bara-gumi and Yuri-gumi were revived as 'Undergirls Bara-gumi' and 'Undergirls Yuri-gumi'.
Himawari-gumi:
Meaning 'Sunflower Class', A side team formed in 2008 comprising members from Team A and Team K. They performed 2 stages [Boku no Taiyou] and [Yume wo Shinaseru Wake ni Ikenai], but then stopped.
Stages / Stage shows: 
A group on songs, usually 16, which teams perform in their theater. Each team has their own unique stage. Usually after about a year, a team is given a new stage to perform.
Units / Unit songs:
For a couple of songs during a stage, the team is split up further into 5 units. Units usually consist of 3 to 4 members.
Unit Shuffle:
Sometimes during concerts, the members performing a unit song are changed.
2009 AKB48 Team Shuffle:
At the end of the [AKB48 104 Senbatsu Member Sokkaku Matsuri] concert in Nippon Budokan, it was announced that all AKB48 teams will be shuffled.
Kage ana:
Meaning "shadow announcer", it is the member making the announcements to the audience before the stage or concert starts.
MC:
A break between songs during which the members talk about a given topic. This is done so that the other members backstage have enough time to change costumes for the next song.
High-touch:
Wasei-eigo for "high five". At the end of stage shows, you get to "high-touch" with the members.
Shonichi:
Performance paling pertama
Senshuraku:Performance paling akhir
Revival:
When the management decided that they shouldn't have ended the stage so early. So they revive the previous stage.
Seitansai:
Meaning 'Birthday Festival', Seitansai is a special stage performance where a member's birthday is celebrated. A seitansai can take place up to 1 month after the actual member's birthday.
LOD:
Short for 'Live on Demand'. It's a service where you can purchase a video of a past performance in the AKB48 Theater. SKE48 also has a LOD service.
DMM.com:
Where you can buy 48 LODs.
EVENT
Akushukai:
Event Handshake. Tiket event ini biasanya didapat dari pembelian single original
Shamekai:
Event dimana kita dapat berfoto langsung dengan member AKB48, terbatas hanya 2 member saja.
Senbatsu Election:
dimulai pada tahun 2009 dimana setiap satu single tiap tahun fans memiliki kesempatan untuk voting member mana yang mereka inginkan di dalam sebuah single. Senbatsu election tidak hanya terbatas pada member AKB48 saja, sister group yang lain juga ikut serta dalam hal ini, sehingga bbrapa anggota sister group lain dapat dilihat pada single dan PV AKB48.
hanya 40 member teratas yang diumumkan saat pemilihan. 21 member teratas masuk dalam Senbatsu, dan sisanya sebagai Undergirls,
Janken Tournament:
Janken adalah nama Jepang dari 'Batu,Gunting,Kertas'. Turnamen Janken adalah ide lain Akimoto untuk memutuskan member Senbatsu dari sebuah lagu,murni keberuntungan
OSHI
Oshimen: 
berasal dari kata 'oshiteru member' yang berarti member yang kamu dukung dari sebuah grup. biasanya fans hanya memiliki satu oshimen dalam sebuah grup.(contoh di AKB48 oshi saya adalah Kashiwagi Yuki, di SKE48 oshi saya adalah Matsui Rena, di JKT48 oshi saya Dhike)
Oshihen: 
Ketika anda mengganti oshi dari satu member ke member lain. secara umum ini tidak diperbolehkan.
Kami-oshi:
Harafiahnya 'God Oshi'(arti di bahasa Indonesia adalah Oshi Dewa, maksudnya Oshi yang paling engkau dukung.). Kami-Oshi adalah Oshi paling penting di antara seluruh Oshimenmu (dari grup yang berbeda,tentu saja)
DD:
Singkatan dari 'Daredemo Daisuki', maksudnya 'saya suka semua'. Diterapkan untuk semua orang dengan lebih dari satu Oshimen di grup yang sama.
MD:
Singkatan dari 'Minna Daisuki', maksudnya 'saya suka semua orang'. Sama dengan DD, tapi dengan seorang Oshimen
Enjoyed the article?

0 komentar:

Post a Comment

Ketinggalan Yokoso JKT48? Cek Video Terbarunya DISINI!

JKT48Files Open Recruitment

Follow Us on Twitter

Like Us on Facebook