• Daftar Isi
  • Privacy
  • Disclaimer
  • FAQ

RIVER [ By JKT48 ] VERSUS REALITA PENDIDIKAN - JKT48Files

Written By Dante Yukihiro on May 05, 2013 | Sunday, May 05, 2013



JKT48 adalah satu dari sekian banyak “girl band” yang sedang menjamur saat ini. Meskipun mengusung konsep yang sedikit berbeda, yakni idol group (yang definisinya sangat berbeda dengan girlband), namun masyarakat menganggap bahwa mereka tak ada bedanya dengan girl band yang bermunculan saat ini (berdandan imut, memakai seragam saat tampil, dan menampilkan nyanyian dan tarian secara bersama). Saya pribadi, bukan penggemar berat mereka. Saya hanya penikmat musik Jepang dan JKT48 menarik perhatian saya karena mereka adalah sister group dari AKB48, idol group dari Jepang. Hal ini membuat mereka menjadi satu-satunya grup yang dengan legal membawakan lagu-lagu AKB48 dalam versi bahasa Indonesia.

Single terbaru mereka, yang bertajuk RIVER berhasil menarik perhatian saya. Single ini belum pernah tayang di stasiun TV Indonesia, mereka pertama kali menampilkan aksi mereka pada pertunjukan 48Family (yang sesuai namanya, juga dihadiri oleh sister group AKB48 yang lain, SNH48) yang diselenggarakan di Budoukan, Jepang. Yang menjadi fokus penmpilan mereka bukan hanya karena ini adalah pertama kalinya mereka membawakan single RIVER, melainkan juga makna yang terkandung dalam lirik single itu sendiri. Sebagai catatan, RIVER adalah salah satu single yang dibawakan oleh AKB48 yang kemudian dialihbahasakan menjadi lirik di bawah ini: (lirik diambil dari video performance mereka di Budoukan, Jepang tanggal 28 April 2013. Link video: http://www.youtube.com/watch?v=rYzZomEO-GU)

Majulah ke depan (got it!); Janganlah berhenti (got it!)
Tujuan tempat matahari terbit; Ayo langkah di jalan harapan
Penghalang adalah RIVER! RIVER! RIVER!; Dan yang membentang adalah RIVER!
Takdirnya RIVER! RIVER! RIVER!; Akan diuji RIVER!
Buanglah keraguanmu! Tunjukkan nyalimu!
Jangan ragu! Sekarang juga
Satu langkah maju! Believe yourself!
Ayo maju; Majulah ke depan; Seberangi sungai!

Mimpi itu selalu terlihatnya jauh; Dan jaraknya terasa tidak tercapai
Batu di bawah kaki; Ayo ambillah satu
Jadilah nekat dan coba lemparkan
Tepat di depan matamu; Ada sungai mengalir
Luas, sebuah sungai yang besar
Walaupun gelap dan dalam; Walaupun arusnya deras
Tidak perlu ketakutan; Walaupun kau terpisah
Ya, tepian pasti ada
Lebih percayalah pada dirimu (Get over it!)

Jangan alasan untuk diri sendiri; Jika tak dicoba tak akan tahu
Tiada jalan selain maju; Selalu selalu selalu
Teruslah melangkah di jalan yang kau pilih
Di dalam hatimu juga ada sungai mengalir
Sungai keringat dan air mata
Walaupun kau pernah gagal
Walaupun kau terbawa arus
Tak apa terulang lagi dan janganlah mengeluh
Genggamlah selalu impianmu
Sampai suatu saat mimpimu terkabul
Ayo sebrangilah, you can do it!

Ada hal unik setelah mereka menampilkan single ini di Budoukan. Beberapa fans (mostly from Indonesia) melihat bahwa makna single ini tidak jauh berbeda dengan realita Indonesia, tepatnya dalam dunia pendidikan. Masih ingat tentang “perjuangan” siswa-siswa di beberapa daerah yang harus berjuang sangat keras untuk sampai di sekolah mereka dengan cara menggantung pada jembatan seperti gambar di bawah ini? Bahkan saat itu, salah satu media Inggris menyebutnya sebagai “Indiana Jones a la Indonesia”. Hmmm….

http://sphotos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/943331_650058721676669_197341513_n.jpg

Bahkan, salah seorang pengguna youtube (atas nama Danar Haidar) berkreasi dengan single tersebut yang digabung dengan “fenomena nyata tentang RIVER” yang ada di Indonesia. Video tersebut dapat dilihat pada link ini: http://www.youtube.com/watch?v=Ff_998Xasow

Single ini menjadi pengingat (bahkan mungkin penampar) tentang kenyataan yang ada di sekitar kita, terutama yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Sangat miris ketika kita melihat dari tayangan DH, fenomena tersebut terjadi di daerah Jawa Barat, yang notabene adalah daerah paling dekat dengan ibukota yang fasilitasnya seharusnya lebih baik daripada daerah pelosok yang lain. Namun ternyata, penyakit “RIVER is an obstacle” di Indonesia tidak hanya terjadi di daerah terpencil, tapi juga daerah dekat ibukota. Satu kesan: Lucunya negeri(ku) ini….

Well, terlepas dari mirisnya wajah pendidikan Indonesia, lagu RIVER ini jelas menjadi penyemangat kepada mereka yang memiliki cita-cita. Bahwa walaupun ada sungai yang luas dan lebar, dalam dan deras arusnya, seharusnya tak akan menjadi penghalang untuk menjalankan kewajiban, menuntut ilmu demi mimpi yang kelihatannya jauh tersebut. Karena sungai tersebut adalah “penguji takdir”, yang harus dilewati demi terkabulnya mimpi yang selalu digenggam erat, seperti yang dikatakan JKT48 dalam liriknya….

sumber : http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/05/04/river-by-jkt48-vs-realita-pendidikan-indonesia-552772.html



Enjoyed the article?

5 komentar:

  1. asli keren gan ;((
    hahahah
    jadfi gak salah dong banyak yang ngidolain jkt48,termasuk saya :-)

    ReplyDelete
  2. bisa...bisa...ngena juga sih sma liryc-nya

    ReplyDelete
  3. Yoi yang jelas tetap dukung jkt48 dah ya

    ReplyDelete

Ketinggalan Yokoso JKT48? Cek Video Terbarunya DISINI!

JKT48Files Open Recruitment

Follow Us on Twitter

Like Us on Facebook