• Daftar Isi
  • Privacy
  • Disclaimer
  • FAQ

JKT48 - The "Gamble" Between Failure and Successful!

Written By Dante Yukihiro on June 18, 2013 | Tuesday, June 18, 2013



X – Team. Kondisi industri permusikan Indonesia sekarang memang sedang tidak stabil, ini dikarenakan industri permusikan Indonesia sedang mengalami kebingungan yang sangat. Hal ini dikarenakan adanya sebuah benturan trend, saat masa boiben dan girben yang tidak jelas itu sudah mulai pudar, muncul JKT48 yang merupakan sebuah sister group dari AKB48 dari Jepang, dengan membawa konsep “Idol Group, Idol That You Can Meet” dan juga dengan anggota yang banyak yang seakan “kroyokan” membuat orang awam yang baru melihatnya berpikir ini merupakan sebuah girben yang akan menyemarakan kembali masa kejayaan boiben dan girben. Sebenarnya, kehadiran JKT48 di Indonesia ini tidak untuk menghidupkan kembali masa boiben dan girben, melainkan untuk mengenalkan pada rakyat Indonesia apakah sebenarnya Idol Group itu. Setelah JKT48 hadir, tak lama kemudian para Band mulai bermunculan dan kembali ingin mengambil alih trend music saat ini.


Yasushi Akimoto-sensei yang merupakan pendiri dari 48Family mungkin mendirikan JKT48 dengan cara “gamble”. Seperti yang kita tahu, saat awal pendirian AKB48 di Jepang, respon dari masayrakat terlihat sangat tidak bagus, dan bahkan ketika akan debut theater, mereka harus bergerak dari jalan ke jalan, dengan membagikan brosur pada pejalan kaki, dan ketika debut theater penontonnya sangatlah sedikit! Meski sempat ada yang mencemooh mereka, mereka tetap terus berusaha. Hingga terbukti, “gamble” yang dilakukan oleh Aki-P (Yasushi Akimoto- sensei-red) berhasil, dan hingga sekarang AKB48 boleh dibilang sangat sukses dan berhasil merajai industri musik di Jepang! Menakjubkan sekali kesuksesan yang diraih oleh AKB48! Memang, Usaha keras itu tak akan mengkhianati. Jika seperti itu, pendirian JKT48 juga termasuk sebuah “gamble” yang dilakukan oleh Aki-P. Kesimpulan saya seperti itu karena konsep Idol Group di Indonesia sendiri memang belum pernah dikenal oleh masyarakat, memang hampir sama dengan pendirian AKB48. Masyarakat yang sama sekali belum mengenal mengenai konsep Idol Group, pasti banyak komentar, seperti : “Apa itu? Kok kroyokan gitu?”, “Orangnya kok banyak banget ya?”, dan banyak lagi. Memang anggapan orang itu berbeda-beda, dan setiap anggapan memiliki jalannya masing-masing, maka dari itu, apasalahnya jika kita menyatukan anggapan itu menjadi satu jalur? “Gamble” yang dilakukan Aki-P dalam mendirikan JKT48 memang bisa dianggap berhasil, Entah kenapa, “gamble” yang dicerminkan oleh Aki-P mirip “gamble” yang dilakukan oleh Hiruma Yoichi di Komik Eyeshield-21 yang belakangan ini saya baca, sebuah “gamble” dalam suatu kompetisi dimana kans keberhasilannya hanya 1%, betapa hebatnya hingga mengambil sebuah resiko sebesar itu dan ini dilakukan dalam kehidupan nyata! Berarti memang benar, jika kesempatan sekecil apapun, kita harus bisa memanfaatkannya dan masalah hasil, kita serahkan sepenuhnya pada Tuhan. Seseorang memang harus berani mengambil resiko sebesar apapun jika memang tekadnya sudah benar-benar bulat untuk memperoleh sesuatu!

Keberhasilan “gamble” yang dilakukan oleh Aki-P dalam pendirian JKT48 bisa dilihat dari awal debut JKT48, baik melalui iklan komersiil, debut tayang di TV, dan juga debut Theater. JKT48 sudah bisa menjadi model dalam sebuah iklan minuman yang berasal dari Jepang, entah kenapa hal ini bisa terjadi, mungkin ini merupakan sebuah dampak yang ditimbulkan akibat keadaan JKT48 yang merupakan sister group dari AKB48 dan 48Family lain yang memang sudah terkenal di daerahnya masing masing. Jika dibandingkan debut theater AKB48 dengan JKT48, keberhasilannya lebih tinggi JKT48 dari AKB48. Hal ini dikarenakan para member JKT48 tidak sampai membagikan brosur-brosur dari jalan satu ke jalan yang lainnya, Dengan penonton yang terbilang bisa melebihi dari ekspektasi dari pihak management untuk debut theater ini. Era JKT48 dalam memperoleh kesuksesan dalam industri musik di Indonesia mungkin baru akan dimulai, dengan keadaan fans seperti saat ini tak ada yang tak mungkin untuk diraih.

Lepas dari semua itu, setelah kehadiran JKT48 sebagai sebuah idol group pertama di Indonesia, mungkin industri musik Indonesia saat ini memang benar-benar kebingungan, setelah adanya kebangkitan Band legendaris dengan nama barunya dikarenakan punggawanya baru lepas dari tahanan yang berniat untuk melakukan gebrakan kepada Industri permusikan Indonesia yang sempat mencuri perhatian para pecintan musik di Tanah Air ini, namun akhirnya semuanya masih tetap sama, Industri musik Tanah Air justru semakin meradang, kita tinggal menunggu saja manakah yang akan lebih konsisten. Perlu saya ingatkan sekali lagi, JKT48 merupakan sebuah Idol Group, bukan girben! Sedangkan dengan kehadiran haters JKT48, sesungguhnya itu akan menjadi motivasi untuk JKT48 untuk menjadi lebih baik lagi.
Mohon maaf jika ada kekeliruan, ini sebatas informasi yang saya tahu. Sekali lagi, saya bukan siapa-siapa, saya hanyalah seorang Fans dasar laut. Semoga informasi dari saya dapat bermanfaat. Sampai disini dulu! ^^
Enjoyed the article?

0 komentar:

Post a Comment

Ketinggalan Yokoso JKT48? Cek Video Terbarunya DISINI!

JKT48Files Open Recruitment

Follow Us on Twitter

Like Us on Facebook