• Daftar Isi
  • Privacy
  • Disclaimer
  • FAQ

Apa itu Wotagei | Cara Wotagei | Istilah-istilah Wotagei | Jenis Gerakan Wotagei | Download Wotagei Application - JKT48Files

Written By Dante Yukihiro on June 27, 2013 | Thursday, June 27, 2013



Apa itu Wotagei?

Wotagei merupakan tarian khas masyarakat jepang, saat menonton konser atau acara-acara yang dilangsungkan oleh Idol (cara indonesianya idolanya mereka). “WOTAGEI” dari kata otakut no gei yang berarti seni.


Partisipasi penonton sangat penting dalam konser grup idol Jepang. Wotagei menambah semarak konser dan membangun rasa kebersamaan antara penonton dan idola di atas panggung, apalagi bila sesama utsu(orang yang melakukan wotagei) menyorakaan “CHANT MIX”.
Chant adalah sorakan beramai-ramai penonton pada konser idola, termasuk pada konser JKT48 dan sebangsanya (IDOL GRUOP). Mix termasuk salah satu dari banyak unsur wotagei, jadi sangat penting juga dipelajari. Kalau belajar wotagei saja tanpa mengerti chant. Sama saja Terbang tanpa sayap -__-
Chant biasanya di sorakkan sewaktu overtur, intro (awal lagu), dan sewaktu tempo lagu melambat, jadi jangan heran kalau liat Idol Group semacam JKT48 di TV, banyak yang Chant saat mereka perfom. Mix berakhir sebelum idola mulai menyanyi. (ga lucu juga kalau kita sorak-sorak ramai-ramai pas IDOL nyanyi, ganggu cuy).
Apa yang perlu di sorakkan? Yang pertama sebelum melantungkan Chant, dimulai dengan “”Aaaa… Yossha Ikuzo!” yang artinya “Ayo kita mulai”. kemudian dilanjutkan Mix Mix yang lainnya, seperti dibawah ini.

Mix 1. English
Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya!”
Mix 2. Jepang
Tora, Hii, Jinzou, Seni, Ama, ShindouKasen-tobi-jokyo!
Mix 3. Ainu
Chape, Ape, Kara, Kina, Rara, Tou su ke – Myo hon tou suke!
Jadi gini, Chanting, dilakukan dengan urutan Bahasa inggris, Jepang, Ainu. Apabila hanya menggunakan Bahasa Iggris, disebut 1 combo. Jika Bahasa inggris dilanjutkan Jepang, disebut 2 combo, dan dari bahasa inggris sampai ainu (1-3) disebut 3 combo.

Ingat, Wota berbeda dengan otaku, Otaku adalah istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk mengacu kepada orang-orang yang memiliki minat yang obsesif, biasanya dalam hal anime,manga dan video games. Sedangkan Wota adalah seseorang yang menyukai terhadap japanese idol-singer, contohnya AKB48. Pengertian terhadap wota pun ada banyak macam, tidak terbatas untuk orang yang menyukai idol saja.
Wotagei dan Otagei berbeda, perbedaannya kalau Wotagei di ambil dari kata "Wota" sedangkan Otagei di ambil dari kata "Otaku". Itulah alasan saya menjelaskan pengertian Wota dan Otaku terlebih dahulu.
Sekarang kita berlanjut tentang pembahasan Wotagei.
Wotagei sekarang sudah tersebar ke negara kita sendiri yaitu Indonesia, semenjak terbentuknya JKT48 yaitu Sister Grup pertamanya AKB48 di luar Jepang.
Wotagei itu bermacam-macam, ada yang melakukannya dengan bertepuk tangan, tarian dan lainnya.
Kita di sini akan membahas Wotagei yang menggunakan LightStick, tentunya untuk menjadi Wotagei-Shi (Orang Melakukan Wotagei) kita harus mempunyai beberapa syarat, yaitu :

1. Niat

Karna di semua hal , tanpa adanya niat pasti berujung dengan ketidak pastian, dan dengan adanya niat semua hal itu akan menjadi bagus ataupun Indah.

2. Benda Bersinar

Kebanyakan orang bilang, bahwa wotagei harus di lakukan dengan LightStick/GlowStick, tapi bagi saya tidak ada yang tak mungkin selama niat ada, pasti semua akan indah.
Wotagei bisa dilakukan dengan LightStick, GlowStick, LightFinger, Lampu Senter, Bahkan dengan glowstick hadiah permen pun juga bisa.
Benda - Benda yang biasa di gunakan Wotagei


Glowstick 

Glowstick atau yang biasa di sebut dengan Lightstick potek adalah salah satu benda yang biasanya di gunakan untuk wotagei, tetapi Glowstick jarang di gunakan di Indonesia selain mahal,glowstick hanya bisa di gunakan sekali pakai.

Tipe-Tipe Glowstick :

1. Glowstick Tipe Gantungan

 2. Glowstick tipe peluit



Lightstick

Lightstick adalah benda yang dapat di gunakan untuk wotagei, Lightstick menggunakan battery dan dapat di gunakan berulang-ulang tidak seperti Glowstick. Lightstick itu bermacam-macam ada Lightstick Lumiace/Lumica,LS SWAT, LS AKB48, LS SKE48, LS SNH48, LS JKT48, LS DIY(Handmade) , LS normal dan masih banyak lainnya.

Lightstick Lumica

Lightstick DIY (Handmade)

Ini adalah Lighstick buatan saya sendiri menggunakan Senter 100Watt

Lightsick SNH48

Lightstick AKB48

Lightstick SKE48

Lightstick JKT48

 


Cara memegang Lightstick :
Cara memegang Lightstick sih sebenarnya terserah/bebas tapi saya mau ngebagikan contoh cara memegang Lightstick yang beda.

Version 1
Cara memegang ini cocok digunakan untuk Wotagei-shi tipe Slash, contohnya bagus digunakan untuk : Muramasa, Muramasa Kai dan lainnya.

Version 2 

Cara memegang ini cocok digunakan untuk Wotagei-shi tipe Roller,dan apabila LS tiba-tiba mati bisa langsung pencet tombolnya contohnya bagus digunakan untuk : Thunder Snake, Amaterasu dan lainnya.

Cara memegang ini cocok digunakan untuk Wotagei-shi tipe Free, contohnya bagus digunakan untuk : Nobunaga dan lainnya.

Contoh gambar pada saat gerakan Romansu







Contoh gambar pada saat Freesytle











Contoh Gambar gerakan Nobunaga atau Roulette


Contoh Gambar gerakan OAD Kansai


Kreativitas anak-anak Wotagei untuk ngedukung idola mereka :









Macam-macam Gerakan WOTAGEI

1. Wotagei Orthodok

Gerakan ini merupakan gerakan wotagei & Chant yang paling dasar dalam wotagei, dan wotagei ini dulu khusus untuk mengiringi IDOL saja.

Gerakan yang sering dipakai dalam wotagei ini:

Kecha (ケチャ): Gerakan yang berpusat pada pangkal lengan bagian bawah, mengayunkan lengan ke depan menyembah Idol di panggung.

Matrix (マトリックス): Diambil dari film Matrix dimana Neo mengelak peluru dengan melentingkan badannya kebelakang (kayang) di adegan tempat Helikopter mendarat.

Mawari (マワリ): Melompat sambil berputar di tempat yg sama sambil bertepuk tangan di atas kepala.

OAD: AKA, Over Action Dolphin. Sebuah bentuk tepuk tangan yang sangat heboh (meniru lumba-lumba).

PPPH: Pan Pa-Pan Hyu, tepuk tangan 4 ketukan dan melompat.

Romeo (ロミオ): Gerakan satu tangan diatas kepala diambil dari adegan Romeo dan Juliet, ketika Romeo menyembah mencoba meraih Juliet.

Romance (ロマンス): Gerakan menunjuk keatas secara menyamping
dari kiri – kanan – kiri – kanan – kiri – kanan – kiri – dan selanjutnya.

Rozario (ロザリオ): Membentuk salib dengan kedua tangan yang berarti membuat janji setia dengan Idol diatas panggung.

2. Wotagei Kontemporer

Wotagei yang satu ini merupakan Wotagei Orthodok yang telah di modifikasi sedemikian rupa ditambah gerakan yang energik, supaya gerakan yang dihasilkan rapi dan indah dilihat, ditambah dengan lightstik yang bersinar.  Wotagei ini juga dilakukan untuk mengiringi soundtrack anime, soloist dan grup band.


Gerakan dinamis di wotagei kontemporer cukup indah, sehingga banya sekali orang , jepang khususnya mempelajari gerakan ini, dan menjadi tren.



Tertarik mempelajari nya ? Silakan Download Video Tutorial Wotagei [ 8 Gerakan Dasar & Gabungan + 2 Trik Memegang dan Mematahkan Lightstick ] Versi JKT48Files..


Password :

www.jkt48files.blogspot.com


Ini aplikasi game Wotagei ( オタ芸マスター〜CRAZY BEAT〜 ) buat pengguna Android.

ini sebenarnya aplikasi khusus daerah Jepang dan tidak bisa download dari negara luar.

Sebab playstore mengecheck IP address internet kita. Tapi tenang karena saya telah berhasil menghack aplikasi ini. Silahkan download di sini 




Credit to : Uploader
Enjoyed the article?

8 komentar:

  1. Izin sedot dan izin copas bang
    Sumber sudah disertakan

    ReplyDelete
  2. passwordnya gak bisa, passwordnya apa ?

    ReplyDelete
  3. ga bisa kedownload,tulisannya di 4shared link not valid

    ReplyDelete
  4. gan, bisa diperbaiki nggak gambarnya? nggak ada yang muncul. sama kok passwordnya nggak bisa ya untuk mediafirenya? thanks hehe

    ReplyDelete
  5. kak password mediafirenya apa?

    dan link 4sharednya rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klarifikasi ya, file di sini sudah tidak ada yang work.

      reason:
      - akun 4shared saya sudah mati,
      - akun mediafire saya lupa passwordnya,

      jadi, mohon maaf yg sebesar-besarnya. trims =))

      Delete

Ketinggalan Yokoso JKT48? Cek Video Terbarunya DISINI!

JKT48Files Open Recruitment

Follow Us on Twitter

Like Us on Facebook